PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Tekad Universitas Muhammadiyah Riau (Umri untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak hanya hebat dalam keilmuan, tapi juga terampil dalam meniciptakan lapangan kerja mulai membuahkan hasil, ini terlihat dari 2 ribuan lebih alumni Umri saat ini mereka telah bekerja diberbagai bidang dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Hal itu dikemukakan Rektor Umri Dr H Mubarak MSi usai pelaksanaan Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Riau dalam acara Wisuda XIV Program Sarjana dan Diploma III, Sabtu 12 Mei 2018.

"Dengan disisudanya 172 Mahasiswa Umri hari ini, jumlah alumni Umri itu tercatat sekitar 2.240 an lebih, dari jumlah tersebut 80 persennya sudah bekerja, diberbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, dan beberapa persen ada juga yang membuka usaha sendiri," jelas Mubarak.

Yang membuka lapangan kerja sendiri tersebut menurut Mubarak merupakan salah satu keberhasilan Umri dalam menciptakan generasi atau SDM Riau yang mapan atau menjadikan mereka sebagai pengusaha muda. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M), dengan membuat kurikulum Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Melalui PMW mahasiswa diberi kebebasan untuk membuat suatu kelompok pelaku bisnis, yang meski telah menamatkan perkualiahan, masih juga bisa menjalankan usaha mereka.

"Dalam rencana induk pengembangan universitas, kita membuat target 30 persen alumni kita bisa menjadi Entrepreneur. Artinya mereka kita harapkan tidak hanya bergantung pada orang atau lembaga lain untuk mendapatkan pekerjaan," kata Rektor Mubarak.

Dijelaskan Mubarak, menumbuhkan dan mengembangkan jiwa Entrepreneur kepada Mahasiswa, tidak harus hanya diberikan pada bidang ekonomi dengan membuka berbagai jenis usaha. Mengembangkan bisnis dengan ilmu yang dimiliki saat kuliah akan lebih berarti.

Bagaimana Mahasiswa juga mampu berbisnis dengan ilmu yang dimiliki dibangku kuliah, atau sesuai dengan jurusan yang diambi, besbisnis dengan ilmubpengetahuan. "Mahasiswa itu bagaimana Dia bisa mengembangkan ilmu yang diperolehnya untuk dimasukkan pada dunia bisnis," kata Rektor.

Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhamamdiyah, Sudarnoto Abdul Hakim, MA, Phd, mengatakan meski baru pertama kali menghadiri kegiatan wisuda mahasiswa Umri mengaku sangat salut dan bangga atas perkembangan yang dicapai Umri, Dia mendukung penuh kebijakan Umri dalam menciptakan SDM Riau berkualitas dengan menciptakan pengusaha muda.

"Saya melihat Umri ini punya visi dan misi yang bagus dalam menciptakan pengusaha-pengusaha muda berkualitas di daerah ini. Namun satu pesan saya bagaimana Umri juga harus mampu menyikapi perkembangan kemajuan Teknoplogi Informasi (TI), dengan pula menyiapkan Mahasiswa dan alumni nya mampu mengusai TI ini," pungkas Sudarnoto.

Sementara Wakil Ketua PW Muhamamdiyah Riau Irman Majid berpesan kepada alumni agar bisa terus mengembangkan organisasi Muhammadiyah didaerahnya masing-masing. Karena menurutnya Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak dibidang dakwah, memiliki perguruan tinggi yang menjunjung tinggi ajaran Islam dalam mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

"PW Muhammadiyah Riau mengharapkan alumni ini bisa bergabung dengan pimpinan ranting, cabang Muhamamdiyah, kalau belum ada agar bisa membentuk organisasi Muhamamdiyah didaerahnya,' harap Irman.**(mad)