PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Sebanyak 974 Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) akan diwisuda pada Sabtu 5 Mei 2018 mendatang, Rektor Prof. Dr. Syafrinaldi, SH, MCL akan memimimpin langsung Rapat Senat Terbuka yang berlangsung di Venue Volly Indoor Kampus UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru.

Rektor Syafrinaldi menjelaskan, jika dibandingkan dengan jumlah wisudawan pada periode pertama 2018, jumlah yang akan diwisuda periode II tahun ini mengalami penurunan 27 orang, pada periode pertama lalu jumlah yang diwisuda sebanyak 1001 orang.

"Kita membuat kebijakan setiap pelaksanaan wisuda itu dibatasi hanya seribu orang, jika telah mencapai kuota, maka pendaftaran akan ditutup. Untuk periode ke Dua ini terjadi pengurangan 27 mahasiswa dari periode sebelumnya," jelas Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H. Syafhendry dan Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Akmar Effendi S.Kom, MKom di Kampus UIR, Rabu siang 18 April 2018.

Untuk rincian jumlah wisudawan per Fakultasnya dipaparkan Rektor adalah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan fakultas terbanyak yang diwisuda, yakni 333 orang. Disusul Fakultas Hukum 168 mahasiswa, Fisipol 98, Fikom 88, Teknik 83, Ekonomi 62, Pertanian 50, Fak. Agama Islam 35, Psikologi 30 dan Fak. Komunikasi 27 wisudawan. Bila dirunut menurut jenis kelamin wisudawan laki-laki tercatat 481 orang, perempuan 493 orang.

Jika pada gelaran wiuda periode pertama lalu, juga diagendakan pemberian rewadr bagi Dosen dan Mahasiswa UIR berprestasi dari berbagai bidang dan kegiatan yang diikuti, pada periode ini penghargaan tersebut tidak diberikan, panitia hanya fokus pada acara wisuda Diploma, Sarjana, dan Pasca Sarjana.

"Untuk penyerahan penghargaan akan dilaksanakan terpisah dari acara Wisuda. Yakni pada Dies Natalis bulan September," jelas Rektor.

Sementara penghargaan untuk pemuncak tetap diserahkan seperti biasa baik dalam bentuk sertifikat maupun uang. “Kita terus mendorong dan memotivasi mahasiswa berlomba meningkatkan prestasi akademik. Pemuncak fakultas diberi penghargaan Rp1000.000 dan pemuncak universitas Rp 2.000.000,'' ucap Rektor.**(rls)