PEKANBARU - Gaungriau.com -- Dr Harmaini MSi resmi pimpin Asosiasi Psikologi Islam (API) Wilayah Riau. Bersama pengurus lainnya, Harmaini dilantik Ketua Umum API Pusat, Prof Drs Subandi MA PhD di aula lantai III Gedung Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Sabtu 28 April 2018.

Dengan pengukuhan ini, Subandi mendorong psikologi Islam berkembang di Provinsi Riau yang menjadi pusat kebudayaan Melayu. Apalagi, melayu sangat identik dan kental dengan ke Islamannya.

Menurut dia, sebagai negeri Melayu, psikologi Islam sangat penting berkembang di Riau. Hal ini berbeda dengan wajah psikologi di beberapa daerah yang berkembang justru psikologi sekuler.

Psikologi sekuler dianggap kurang rohnya. Karena itu, perlu peran API untuk melengkapinya secara keilmuan. Hal ini menurut Subandi sejalan dengan tujuan API untuk menghimpun psikolog, ilmuwan psikologi serta peminat di Indonesia untuk mengembangkan ilmu Psikologi Islam.

Dia berharap, psikolog di Riau juga berperan menghadapi tantangan yaitu lulusan Prodi Psikologi Islam belum bisa mengikuti pendidikan profesi psikolog. Untuk itu, perlu ada upaya untuk mengubah regulasi itu.

Tak hanya itu, Subandi juga menyampaikan pentingnya psikolog Islam melakukan kajian dan publikasi. “Perlu dibuat publikasi yang mengangkat detil-detil keilmuan soal psikologi islam,” katanya, seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

Sementara, Ketua API Riau, DR Harmaini MSi menjelaskan,kehadiran API adalah cara agar para psikolog di Riau tidak mengarah ke psikologi liberal. Menurutnya, potensi berkembangnya psikologi Islam sangat besar di Riau. Karena di Riau ada dua prodi yang khusus mengembangkanPsikologi Islam.

Sementara, di Universitas Islam Riau dan Universitas Abdurrab ada psikologi umum. Namun, pengajarannya mengarah pada psikologi Islam.**(mad)